Tips

Mempersiapkan Dana Liburan

   Travel ain’t cheap. Pasti semua setuju ya bahwa liburan bukanlah hal yang murah. Meskipun gaya backpacker atau berkunjung ke negara yang murah sekalipun, tetap butuh dana. Beberapa kali berbincang dengan teman-teman traveler, ternyata tidak semuanya menyiapkan dana liburan jauh-jauh hari loh. Ada saja yang spontan begitu dapat tiket murah langsung eksekusi!

   Dulunya Gadis Ransel sendiri masuk tipe nekat, hahaha. Setiap kali ada promo dan nemu yang murah langsung eksekusi. Tentu saja jarak  membeli tiket dengan keberangkatan sudah diperhitungkan, dimana rata-rata berjarak 6 bulan. Setelahnya, sambil menunggu jadwal keberangkatan barulah mengumpulkan dana traveling. Namun seringkali setelah pulang liburan jadi broke. Dimana tidak ada emergency funds atau simpanan lainnya karena semua habis untuk keperluan liburan.

   Setelah cukup rajin membaca konten tentang mengatur keuangan, perlahan kebiasaan Gadis Ransel berubah nih! Hal ini adalah salah satu kebanggaan dan kepuasaan diri karena perlahan-lahan bisa mengatur finansial pribadi, termasuk dana liburan.

  Pernah dengar curhatan teman-teman yang kepengen pergi liburan tapi nggak kesampaian? Alasannya uangnya nggak ngumpul, nggak ada dana dan berbagai macam  lainnya. Menurut Gadis Ransel menyiapkan dana liburan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan buat mereka yang pendapatannya dikatakan nggak seberapa atau nggak menentu seperti para freelancer. Menyiapkan dana liburan adalah hal yang penting, namun seringkali diremehkan. Ketika kurang disiplin menyisihkan saat itulah impian liburan kita tidak akan tercapai.

  Nah, jadi apa aja tips yang akan dibagikan lagi oleh Gadis Ransel untuk mempersiapkan dana liburan? Yuk simak 5 tips sederhana berikut!

1. Hitung Budget

  Ini adalah langkah awal sebelum memulai segalanya. Tentukan tujuan, tahun kepergian dan berapa lama teman-teman akan pergi berlibur. Hitunglah keperluan selama berlibur mulai dari transportasi hingga budget shopping. Tidak perlu angka yang detail, cukup kira-kirakan saja sesuai dengan cost negara yang ingin dikunjungi. Dengan begitu teman-teman sudah mendapatkan estimasi biaya liburan sesuai destinasi pilihan.

    Sebagai contoh, Gadis Ransel sedang mempersiapkan liburan ke Rusia pada tahun 2023 selama 5 hari untuk berdua. Berikut estimasi biaya yang Gadis Ransel buat secara sederhana namun mencakup semuanya.

IMG_9312

   Dengan perhitungan kasar, dibutuhkan biaya sebesar Rp 27.500.000. Gadis Ransel bulatkan biaya tersebut menjadi Rp 30.000.000 dengan memperhitungkan inflansi dan kebutuhan lain-lain mendadak pada saat liburan. Tentu saja liburan dengan biaya Rp 30.000.000 bukanlah hal yang mudah kecuali bagi kaum berduit. Teman-teman dengan pendapatan pas-pas an juga bisa meskipun butuh waktu!

2. Buat rekening dana liburan

   Kalau dulu tahun 2016 Gadis Ransel pernah menulis artiket tips menabung dengan cara yang sederhana, kali ini caranya di upgrade jadi lebih rapi. Bukalah rekening khusus untuk liburan. Sangat disarankan auto debet dari rekening induk. Dengan begitu tidak ada alasan untuk malas atau lupa transfer. Oiya, untuk rekening dana liburan ini pilih yang bebas biaya administrasi, mudah diakses dengan e-banking untuk pengecekan saldo serta pilih ATM model lama. Apa yang dimaksud ATM model lama? Adalah kartu ATM yang tidak ada chip dan atau logo master/visa. Hal ini menghindari tabungan ditarik tunai. Sebagai contoh adalah rekening TabunganKu yang disediakan oleh semua bank, karena ini adalah salah satu rekening program pemerintah. Bagus lagi kalau tidak ada ATMnya misalnya seperti tabungan berjangka yang mana tidak boleh dilakukan penarikan hingga waktu perjanjian berakhir.

IMG_9313

   Bagaimana dengan besarannya? Ada 2 hal yang bisa dipilih, satu berdasarkan kemampuan. Untuk teman-teman yang memilih menabung sesuai kemampuan, mungkin waktu pergi liburan bisa bebas kapan saj. Saat dana sudah terkumpul saat itulah baru pergi. Sedangkan lainnya adalah mencari rata-rata per bulan yang harus disisihkan. Tipe ini cocok apabila teman-teman sudah ada target berapa tahun lagi harus pergi. Contohnya saja untuk berlibur ke Rusia Gadis Ransel membutuhkan dana sebesar Rp 30.000.000. Karena perginya masih 4 tahun lagi maka dana tersebut dibagi 48 bulan. Sehingga ketemu nominal yang harus disisihkan setiap bulannya sebesar Rp 625.000.

3. Investasi 

   Ya! Kata investasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman. Namun apakah sudah coba memulainya? Gadis Ransel sendiri awalnya ragu dengan macam-macam investasi seperti reksa dana, obligasi hingga saham. Kenapa? Karena takut resikonya dimana uang bisa saja tidak kembali.

   Untuk amannya, Gadis Ransel sarankan untuk berinvestasi di obligasi milik pemerintah saja yang mana dana dijamin kembali. Obligasi milik pemerintah ini modelnya bermacam-macam mulai dari Obligasi Tabungan Ritel (Saving Bond Retail/SBR), Obligasi Negara Retail Indonesia (ORI), Sukuk Ritel (Sukri/SR), dan terakhir adalah Sukuk Negara Tabungan (ST). Penjualan Obligasi Ritel Pemerintah ini ada jadwalnya yang bisa kalian lihat di website Kementrian Keuangan. Pembelian produk inipun juga cukup mudah dapat dilakukan di mitra distribusi online dan bank yang telah ditunjuk. Obligasi pemerintah seri terakhir yang keluar adalah ST 004 dengan bunga 795% dipotong pajak 15%. masih lebih menguntungkan daripada deposito!

   Buat teman-teman yang mau mencoba produk reksa dana bisa mencoba untuk gabung ke Bareksa. Disana ada banyak pilihan produk reksa dana mulai dari pendapatan tetap hingga pasar uang.

4. Menabung emas

   Emas adalah salah satu dari bagian investasi, namun Gadis Ransel ulas menabung emas secara terpisah di sini. Emas yang disebut disini berupa batangan, bukan perhiasan. Emas sangat mudah didapatkan dimanapun baik di toko emas offline maupun online. Fasilitas menabung dan cicil emas tersedia di Pegadaian, beberapa bank syariah hingga situs online seperti Bukalapak, Tokopedia dan sejumlah situs lain.

IMG_9314

   Namun setelah mencari informasi di banyak tempat, dengan mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan Gadis Ransel memutuskan untuk mengikuti arisan emas yang dikelola oleh sebuah lembaga di Bandung. Sistemnya dalam satu kelompok terdapat 10 orang dan periode pembayaran 10 bulan. Berat emas yang bisa dipilih untuk arisan bervariasi mulai dari 5 hingga 100 gram. Arisan emas dengan berat 5 gram hanya sekitar Rp 317.000 setiap bulannya. Menarik bukan? Kemudian pembayaran dan informasi seputar arisan bisa diakses dengan aplikasi. Saat arisan juga ditampilkan live di Youtube. Sehingga yang rumahnya jauh tidak bisa datang bisa mengikuti acara arisannya.

   Dalam periode beberapa tahun, teman-teman bisa mengumpulkan emas batangan dengan berat yang telah dipilih untuk keperluan liburan.

5. Sayangi koinmu!

   Terakhir, koin adalah hal kecil yang sering kali kita tidak perhitungkan nilainya. Namun siapa sangka, koin rupiah yang rajin dikumpulkan bisa membiayai penginapan saat liburan? Saat mendapatkan koin dari kembalian belanja atau sengaja tukar ke teman, selalu Gadis Ransel sisihkan dalam toples sesuai dengan nominalnya. Meskipun tidak banyak namun cukup membantu untuk menambah pundi-pundi dana liburan 😀 .

img-9315.jpg

    Bagaimana teman-teman? ternyata cara menyiapkan dana liburan cukup mudah bukan? Yuk mulai dari sekarang agar liburan ke negara impian segera tercapai 😀 !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s