Food · Traveling

Tokyo Banana: Review oleh-oleh terkenal dari Jepang

Liburan kemanapun pasti tidak pernah lupa menyempatkan diri beli oleh-oleh dong ya! Termasuk pergi ke Jepang, pasti teman-teman sudah pada googling mencari rekomendasi oleh-oleh makanan. Selain Kit-Kat yang hadir dengan berbagai macam rasa, nama Tokyo Banana pasti juga sering kalian baca atau dengar. Ya nggak?

Jadi apa sih Tokyo Banana? Jadi ini adalah semacam cake dengan isi krim. Tokyo Banana yang original bentuknya menyerupai pisang. Krimnya juga berasa dan berbau pisang. Selama ini Gadis Ransel sukanya beli oleh-oleh makanan berupa coklat, biskuit, mochi dan cheese cake. Namun liburan ke Fukuoka kemarin, Gadis Ransel sempatkan beli Tokyo Banana sambil menunggu penerbangan pulang.

Tokyo Banana ini dijual dengan berbagai macam ukuran dan rasa lainnya. Kemasan Tokyo Banana terkecil berisi 4 biji. Karena hanya berisi 4, kemasannya pun bukan dalam kotak besar dibungkus dengan kertas seperti isi 8 biji ke atas . Hanya ditempatkan di plastik dengan tutup dipress seperti gambar ini.

Karena ini kue dengan krim basah, maka kadaluarsanya pun cepat sekitar 7 hari. Semua tertulis di kemasan. Teman-teman jangan lupa cek tanggalnya ya!

Nah bagaimana tentang kemasan, harga, bentuk dan isi, rasa, dan kandungannya sendiri? Gadis Ransel akan kupas satu-per satu. Jadi ikuti terus ya ceritanya πŸ˜€ .

Kemasan

Tokyo Banana original flavour dikemas dalam 4 macam berbeda tergantung isinya. Seperti yang sudah dikatakan di atas, kemasan terkecil berisi 4 biji, kemudian 8,12, dan 16 biji. Untuk kemasan 4 biji dijual dengan harga 483 Yen, 8 biji seharga 1.029 Yen, 12 biji seharga 1.543 Yen dan terakhir kemasan terbesar berisi 16 biji seharga 2.057 Yen. Harga tersebut sudah termasuk pajak. Untuk harga sendiri baik beli di luar atau dalam bandara sama. Gadis Ransel sendiri lebih suka beli di dalam bandara setelah imigrasi. Jadi nggak bikin penuh koper, bisa buat space belanjaan lain. Hahaha πŸ˜€ .

Setiap cake di bungkus plastik terpisah. Sehingga lebih higienis ketika kotak dibuka. Tidak harus dihabiskan pada hari yang sama. Sayangnya karena memikirkan global warming agak sayang juga karena terlalu banyak menggunakan plastik. Mungkin kemasan pembungkus tiap cakenya bisa diganti dengan kertas tipis ya…Kemudian di dalam kemasan plastik ini juga terdapat mika kecil di bawah kuenya

 

Bentuk & Isi

Bentuk Tokyo Banana ini seperti apa sih? Ya menyerupai pisang dimana di dalamnya berisi krim rasa pisang. Hampir semua produk Tokyo Banana berbentuk pisang. Beberapa edisi spesial terlukis gambar di bagian kuenya. Misalnya produk Tokyo Banana Racco Coffee Milk Flavour, ada gambar rakun di kuenya dan krimnya rasa kopi susu.

IMG-7106
Berbentuk mirip pisang
IMG-7107
Isi krim pisang

Bentuknya yang mirip pisang ini lumayan kecil, kira-kira 2 gigitan sudah habis. Hahaha. Setiap satu biji mengandung 99 kalori. Jadi hati-hati kalau ketagihan. Makan 5 biji sudah melebihi kalori sebungkus Indomie. Ups…

Rasa

Bagaimana dengan rasa krim pisangnya? Pertama, menurut Gadis Ransel krimnya lembut banget dan manis. Manisnya pas, tidak berlebihan. Rasa dan aroma pisangnya terasa. Aromanya juga kuat seperti pisang betulan. Sedangkan cake nya sendiri lembut. Seperti kebanyakan kue yang dijual di Jepang dengan model roti yang lembut seperti shiffon atau kue yang fluffy. Sehingga tercipta perpaduan kue yang ringan dan krim yang sedikit berat.

Overall menurut Gadis Ransel oke dibuat oleh-oleh. Namun sayangnya suami kurang suka. Katanya seperti makan pisang palsu. Begitu makan segigit sudah selesai dan tidak mau lagi. Untung hanya beli kemasan 4 biji. Kalau enggak, siapa yang bantu makan??? Kemudian rasanya lebih enak ketika dimakan dingin. Jadi coba deh masukin kulkas dulu πŸ˜€ .

Kandungan

Pada artikel ini khusus membahas kandungan pada Tokyo Banana yang rasa original ya! Kandungan ini dikutip dari website Tokyo Banana sendiri.

“Banana cream (domestic manufactured), liquid egg, sugar, flour, vegetable oil, emulsified fat, dried egg white / modified starch (banana cream (domestic), banana paste, skimmed milk powder, sugar, banana puree, vegetable oil, egg yolk, wheat flour, gelatin, Seasoning (amino acid), emulsifier (derived from soybean), swelling agent, sorbitol, fragrance, acetic acid (Na), carotene pigment.”

Kebanyakan juga teman-teman yang Muslim menanyakan kehalalan dari produk ini. Gadis Ransel sendiri kurang paham secara mendalam definisi yang halal itu seperti apa secara 100%.

Biasanya yang membuat suatu produk bakery tidak halal adalah emulsifier dan gelatin. Dimana emulsifier ini digunakan untuk menyatukan cairan dan lemak untuk membantu proses aerasi. Dengan begitu Β tekstur cake menjadiΒ  lebih halus, lembut, mengembang dan tidak kempes saat dingin, serta memperpanjang masa cake itu sendiri. Namun dilihat pada keterangan di atas emulsifier yang digunakan berasal dari kacang kedelai, sehingga aman.

Lalu bagaimana dengan gelatin? Kebanyakan gelatin dibuat dari binatang meskipun ada yang terbuat dari tanaman. Jenis gelatin yang digunakan pada produk ini adalah Bovine Gelatin. Apa sih Bovine Gelatin? Adalah gelatin yang dihasilkan dari hidrolisis parsial kolagen yang diekstraksi dari jaringan hewan seperti kulit dan atau tulang. Nah jenis binatang yang biasa dipakai untuk gelatin jenis ini berasal dari kolagen sapi atau babi. Pihak Tokyo Banana sendiri belum memberi kepastian binatang apa yang ada dalam kandungan gelatin tersebut. Apabila sapi bisa jadi halal. Namun satu hal yang pasti bahwa produk Tokyo Banana ini terkandung alkohol sebanyak 0,01%.

Menurut The Halal Food Japan, makanan ini dikategorikan tidak halal. Jadi silahkan teman-teman yang muslim menentukan sendiri πŸ˜€ .

Tokyo Banana sendiri memiliki 23 produk. Seperti Tokyo Banana rasa original bisa jadi produk yang lain juga tidak halal. Namun jangan bersedih, beberapa produk mereka dikatakan insyaalah aman oleh The Halal Food Japan. Beberapa produk yang aman meskipun tidak banyak, namun bisa dijadikan pilihan oleh-oleh. Berikut beberapa produk dari Tokyo Banana yang insyaalah aman dikonsumsi oleh teman-teman Muslim beserta dengan harganya.

1. Tokyo Banana Pie

Isi 15 biji 1.080 Yen

2. Ginza Strawberry Cake

Isi 4 biji 560 Yen

Isi 8 biji 1.080 Yen

Isi 12 biji 1.620 Yen

3. Tokyo Banana Ai & Sachi (Milk & Cocoa)

Isi 8 biji 597 Yen

Isi 16 biji 1.018 Yen

Isi 24 biji 1.543 Yen

Isi 32 biji 2.057 Yen

4. Tokyo Banana Kit Kat

Isi 3 biji 270 Yen

Isi 8 biji 802 Yen

Isi 15 1.296 Yen

Penjualan produk ini masih terbatas dan hanya bisa dibeli di St Tokyo saja untuk sementara.

View this post on Instagram

πŸŒλ„μΏ„λ°”λ‚˜λ‚˜Xν‚·μΊ£πŸ« 🎢 Collaboration! 🎢 . . λ‚΄κ°€ 제일 μ’‹μ•„ν•˜λŠ” λ„μΏ„λ°”λ‚˜λ‚˜πŸŒ λ‚΄κ°€ 제일 μ’‹μ•„ν•˜λŠ” ν‚·μΊ£πŸ« (제일 μ’‹μ•„ν•˜λŠ”κ±° 300개 λ„˜μŒπŸ½) . λ‘˜μ΄ ν•©μ²΄ν•˜λ©΄ λ ˆμ „λ”λ¦¬ ν‘Έλ“œκ°€ λ˜λŠ” 것인데 μš”κ±Έ μ£½κΈ° 전에 맛볼 수 μžˆμ–΄μ„œ λ„ˆλ¬΄λ‚˜ ν–‰λ³΅ν•œ λ‚ μ΄λ„€μš”πŸ˜‹ . . 그보닀 더 ν–‰λ³΅ν•œ 건 !! μ‚¬λž‘ν•˜λŠ” μ—¬μΉœκ»˜μ„œ #λ°œλ Œνƒ€μΈλ°μ΄ κΈ°λ…μœΌλ‘œ 사쀀 μ„ λ¬Όμ΄λΌλŠ” κ²ƒπŸ˜ . . 도쿄 λ°”λ‚˜λ‚˜ ν–₯μ΄Β μ•„λ‹ˆκ³  κ·Έλƒ₯ μΈμœ„μ μΈΒ λ°”λ‚˜λ‚˜ ν–₯μ΄λ©΄Β μ–΄λ–‘ν•˜μ§€ κ±±μ •ν–ˆλŠ”λ°πŸ˜ ν•œμž…Β λ² μ–΄ λ¬ΌμžΒ ν™• νΌμ§€λŠ”Β λ„μΏ„ λ°”λ‚˜λ‚˜ ν–₯πŸ˜₯πŸ˜₯ μžˆλŠ” νž˜μ„ λ‹€ν•΄ μ•„κ»΄λ¨Ήμ–΄μ•Όκ² μ–΄μš”!! . . 19.02.14 #πŸ’›1192μΌπŸ’› #κ°‘μžκΈ° #λŸ½μŠ€νƒ€κ·Έλž¨ #μ‚¬λž‘ν•΄ #ν† κΉ½πŸ˜™

A post shared by λΉ…λ§₯돼지 (@bigmacpig) on

Selamat berlibur dan berburu oleh-oleh seri lain dari Tokyo Banana di Jepang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s