Tips · Traveling

Review Penggunaan Ninja Wifi

   Halo sobat Gadis Ransel! Kali ini saya akan mereview tentang penggunaan wifi saat berkunjung ke Jepang. Tidak dipungkiri lagi di jaman sekarang, internet adalah kebutuhan utama setiap harinya. Bisa bayangkan kan gimana boringnya kalau nggak ada sambungan internet? Dikit-dikit foto atau video diunggah ke sosial media, atau bahkan melakukan siaran langsung saat liburan.

  Untuk teman-teman yang berlibur ke Jepang bergrup, ada baiknya mempertimbangkan menyewa pocket wifi daripada membeli Tourist SIM Card. Pocket wifi ini dapat digunakan bersama-sama hingga 10 devices. Meskipun beberapa diantaranya menyarankan maksimal sebanyak 5 devices. Setiap pocket wifi disewakan dengan berbagai macam paket kuota yang dapat dipilih, mulai dari kuota 1GB/hari hingga unlimited. Selain itu, ada layanan tambahan berupa asuransi dan tambahan baterai bila dibutuhkan. Namun apabila merasa tidak perlu, teman-teman bisa skip pilihan tersebut untuk menghemat biaya sewa.

   Gadis Ransel memilih untuk menyewa wifi router di Ninja Wifi setelah mencoba membandingkan perangkat, harga, jangkauan internet dari banyak provider yang ada di Jepang (dan pastinya bikin pusing). Pemesanan wifi router ini dapat dilakukan langsung ke website resmi Ninja Wifi disini atau di situs penyedia diskon seperti Voyagin yang memberikan diskon langsung sebesar 30%.

    Kebetulan saat itu tiket pesawat yang Gadis Ransel beli terbang dari Bandara Incheon dan mendarat di Narita Airport Terminal 1. Pengambilan dan pengembalian wifi router ini bisa disesuaikan dengan bandara ketibaan dan kepulangan teman-teman. Pilihan tersebut tersedia saat memesan di situs yang teman-teman pilih. Pada saat memesan, Gadis Ransel sempat salah meng-klik bandara kepulangan yang ternyata adalah Bandara Narita Terminal 2. Langsung saja Gadis Ransel menghubungi tim admin tempat sewa untuk menanyakan apakah boleh dikembalikan di Terminal 2. Untungnya mereka memberikan konfirmasi boleh untuk mengembalikan di Terminal 2, yang sebelumnya harus mengembalikan di Terminal 1.

   Sampai di Narita Internasional Airport Terminal 1, konter pengambilan Ninja Wifi yang hanya dapat dilakukan di North Wing yang beroperasi pada pukul 06:30 – pesawat kedatangan terakhir. Konter ini sendiri bernama QL Liner warna merah dan kecil, sehingga mudah sekali terlewat. Namun apabila teman-teman sudah berada di area North Wing paling pojok, maka dapat dengan mudah menemukannya.

ql
Konter pengambilan Ninja Wifi di North Wing

   Silahkan menunjukkan konfirmasi booking yang telah dibuat kepada petugas. Mereka akan memberikan device kit yang berisi wifi router, charger, dan brosur cara pemakaian. Begitu pocket wifi diaktifkan, teman-teman bisa mengikuti cara yang sudah diberikan di kertas. Pada pocket wifi sendiri sudah berisi nama device beserta dengan kode passwordnya. Apabila sudah terhubung, maka teman-teman sekalian bisa langsung menikmati layanan internet 4G yang super cepat!

f36f9a4b-41b6-4ce9-b9ca-c3bbbd06bcca-873-0000009029c917d4
Pocket Ninja Wifi yang sudah tertempel nama device dan passwordnya

   Paket pocket wifi yang Gadis Ransel pilih adalah unlimited plan. Meskipun unlimited, apabila pemakaian telah mencapai 3GB dalam satu hari, maka kecepatan internet dapat berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Pocket wifi ini mempunyai kecepatan download sebesar 110 Mbps tergantung area dimana teman-teman sekalian berada. Gadis Ransel menggunakan wifi ini di Tokyo, Kawaguchi dan Kyoto. Tidak ada kendala sama sekali, bahkan baterai juga tahan lama.

    Ketika sudah selesai mejelajah Jepang, saatnya mengembalikan pocket wifi dong ya! Nah pengembalian pocket ini ada beberapa cara mulai dari gratis hingga berbayar. Untuk yang gratis, teman-teman bisa mengembalikannya langsung di konter layanan Ninja Wifi atau kantor yang telah menjalin kerjasama. Sedangkan untuk yang berbayar, teman-teman bisa melakukan request penjemputan ke alamat yang diminta dengan tambahan sebesar 500 Yen. Untuk info lebih lengkap mengenai pengambilan dan pengembalian pocket wifi dapat dilihat di sini.

   Hal yang perlu diperhatikan adalah teman-teman harus mengembalikan pocket wifi sebelum masuk ke area imigrasi. Karena, kalau sudah masuk area imigrasi tidak bisa keluar lagi. Keterlambatan pengembalian pocket wifi dikenakan biaya sebesar 1.470 Yen belum termasuk pajak per harinya. Pastikan mengembalikan device kit dengan lengkap sesuai dengan apa yang teman-teman pesan di awal.

img-3491
Pouch pocket wifi dan keterangan yang diperlukan dalam Bahasa Inggris

    Saat berlibur ke Jepang, Gadis Ransel sempat lupa membawa colokan dengan standar Jepang. Padahal semua barang elektronik perlu di charge! Untunglah di dalam pouch ini disertakan juga charger pocket wifi yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi baterai. handphone karena lubang USBnya ada 2 😀 :D. Perlu diingat bahwa colokan di Jepang berbeda dengan Indonesia yang berbentuk pipih dengan daya isi 110V. Sehingga butuh waktu agak lama untuk mengisi baterai barang elektronik teman-teman. Kecuali barang eletronik tersebut dibeli di Jepang yang pastinya sudah disesuaikan dayanya.

img-3492
Colokan Jepang yang berbentuk pipih dengan daya pengisi 110V 

 

img-3493
Lubang USB ada dua buah! penyelamat banget 😀

    Persewaan pocket wifi untuk keperluan liburan kini tidak hanya tersedia di negara tujuan saja. Apabila teman-teman membutuhkan pocket wifi mulai dari Indonesia, ada banyak agen travel di Indonesia yang juga menyewakannya. Jadi begitu sampai di negara tujuan, teman-teman bisa langsung mengaktifkannya.

   Nah apabila membutuhkan pocket wifi dari Indonesia, teman-teman juga bisa menghubungi tim Gadis Ransel di nomor WA 087839589519. Pocket wifi dapat dikirim ke alamat yang diminta atau datang langsung ke kantor kami.

    Liburan kemana saja tidak akan jadi masalah apabila koneksi internet sudah di tangan! Selamat merencakan liburan :D.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s