Traveling

Osaka Amazing Pass : cara hemat menjelajah Osaka

    Berlibur ke negara Jepang memang membutuhkan budget yang tidak sedikit. Meskipun begitu, pengeluaran di Jepang bisa dihemat dan diakali. Salah satunya adalah menekan pengeluaran pada transportasi dan atraksi. Ada banyak day pass yang ditawarkan Jepang untuk menarik turis dalam menjelajahi Jepang. Pengalaman saya memilih day pass ketika mempersiapkan perjalanan ke Jepang bisa dibilang susah- susah gampang, galau, kepikiran, nggak mau rugi, bikin deg-deg an dan penasaran. Sama rasanya seperti memilih jodoh hihi 😀 😀

       Memilih day pass ini juga harus tepat ya pembaca Gadis Ransel. Karena kalau tidak bisa jadi rugi. Kalau saran saya sih, tentukan dulu tempat utama yang benar-benar ingin dikunjungi atau dijelajahi. Baru kemudian memikirkan day pass apa yang sesuai dengan itinerary kamu. Saking banyaknya day pass yang ditawarkan di Jepang, pasti bikin bingung kan ya! Maunya yang murah, semua bisa dikunjungi, dan nggak mau rugi. Ya nggak? Hahaha 😀 😀

       Area Kansai menawarkan banyak destinasi menarik. Kebetulan saya berkesempatan mengunjungi Kyoto, Nara dan Osaka. Ada banyak day pass yang mengcover area Kansai dengan range harga yang bermacam-macam pula. Saat kunjungan saya ke Osaka ahun 2015 fokus saya kala itu adalah mencari day pass yang sesuai untuk mengelilingi Osaka. Setelah banyak pertimbangan sana sini (terutama pertimbangan budget dan waktu berkunjung, pilihan saya jatuh kepada Osaka Amazing Pass. Day pass ini hadir dalam 2 jenis : 1 Day seharga 2300 Yen dan 2 Days seharga 3000 Yen (Update per tahun 2017 naik menjadi 2500 Yen dan 3300 Yen). Ada apa sih dengan day pass satu ini? Apa sih kelebihannya? Yuk simak review saya berikut ini !

Osaka Amazing Pass
Credit :www.osaka-info.jp

1. Transportasi

     Day pass ini memberikan pengguna akses transportasi utama berupa subway dan bus. Unlimited ride selama 1 atau 2 hari (tergantung day pass yang dibeli). Ada sedikit perbedaan jalur subway mana yang bisa digunakan untuk 1 day pass dan 2 day pass. Day pass ini sangat mudah digunakan. Apabila kamu memilih transportasi subway, di gate stasiun tinggal masukkan kartu ke dalam mesin ketika hendak masuk atau keluar dari stasiun. Sedangkan apabila mengendarai bus, begitu masuk bus di pintu depan, akan ada mesin yang berfungsi untuk membaca kartu kamu, masukkan day pass ke dalam mesinnya dan akan keluar lagi setelah dibaca oleh mesin. Simpan baik-baik dan jangan sampai hilang ya!

2. Tiket masuk gratis

      Bagian ini, day pass lain di area Kansai tidak ada yang bisa mengalahkan. Pokoknya TOP banget deh. Dengan day pass ini saya bisa menghemat pengeluaran tiket masuk atraksi. Ada banyak yang bilang, ketika sedang berlibur ke suatu negara cukup foto-foto saja di depan tanpa masuk atraksi untuk menghemat biaya. Namun bagi saya justru sebaliknya. Rugi kalau sudah jauh-jauh hanya foto di depan tidak masuk. Soal biaya bisa diakali, tapi kesempatan datang kembali belum tentu ada. Nah, dengan adanya day pass ini saya terbantu sekali menghemat pengeluaran. Ada sebanyak 35 macam atraksi yang dapat dimasuki dengan gratis!!! Namun kunjungan ke tempat wisata dengan menggunakan day pass ini hanya diperbolehkan satu kali masuk dan di hari dimana kamu mengaktifkan day pass ini.

Santa Maria Cruise

      Ketika masuk ke salah satu atraksi yang kamu tuju, caranya gampang banget! Cukup tunjukkan day pass kamu, petugas akan menscan barcode yang ada di day pass yang kamu miliki. Selanjutnya tinggal masuk ke atraksi dengan gratis! Oya, perhitungkan juga waktu berkunjung ke beberapa atraksi karena memakan waktu yang cukup lama karena adanya banyak antrian seperti Umeda Sky Building dan Tombori River Cruise.

Kebun Binatang Tennoji
DSC_0253 (2)
Tsutenkaku : antriannya lumayan panjang padahal saya berkunjung jam 12 siang
Sebagai penggemar bianglala, HEP Ferris Wheel ini wajib apalagi pas sunset bagus banget!
DSC_0427 (2)
Pemandangan dari Umeda Sky Building malam hari
DSC_0501 (2)
Sebagai penggemar bianglala, Tempozan Ferris Wheel wajib dikunjungi

3. Diskon spesial

      Memang tidak semua atraksi yang disebutkan di dalam buku panduan day pass ini gratis. Beberapa diantaranya memberikan diskon spesial mulai dari 100 hingga 500 Yen (biasanya didominasi dengan atraksi museum). Selain diskon tempat wisata, diskon ini juga berlaku di toko restoran tertentu dengan minimal pembelian yang ditentukan masing-masing tempat (baik berupafree meal atau diskon) ! Jadi diskon ini nggak melulu hanya soal atraksi. Bagi para penggemar PABLO Cheese Tart, setiap pembelian cheese tart dan menunjukkan day pass ini, kamu akan dapat PABLO Original Sweets gratis loh!

4. Kupon Asyik

      Nah selain transportasi dan tiket masuk atraksi yang gratis serta diskon spesial, Osaka Amazing Pass ini memberikan kupon asyik yang bisa dipakai juga. Kupon ini bernama TOKU yang bisa kamu gunting sendiri di Guidebooknya. Rata-rata sih kupon ini banyak digunakan di toko atau restoran dengan cara menukarkan beberapa lembar kupon di tempat tertentu untuk mendapatkan free meal/free drink atau diskon tertentu. Sayang sekali saya belum sempat menggunakan kupon ini karena sibuk jalan kesana kemari 😥

       Dimana sih beli Osaka Amazing Pass ini? Ada banyak tempat yang menjual day pass ini, jadi nggak usah bingung deh. Khusus untuk kalian yang datang ke Osaka via Bandara Kansai, day pass ini bisa dibeli di Kansai Tourist Information Center Terminal 1 atau 2. Tidak hanya disana, namun juga di beberapa stasiun, hotel, bahkan travel agen di Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Selengkapnya tentang tempat penjualan bisa dilihat di sini.

      Pada saat membeli day pass ini, kamu akan mendapatkan guidebook yang isinya adalah panduan menggunakan kartu, kupon, peta wisata dan subway, serat profil beberapa tempat dimana day pass ini bisa digunakan. Disajikan dalam Bahasa Inggris, jadi nggak usah takut kalau nggak bisa Bahasa Jepang! Buat kalian yang ingin mengintip sedikit guidebook dari day pass ini dalam bentuk PDF bisa dibuka di sini.

      Osaka Amazing Pass ini harganya sama baik untuk anak-anak, dewasa maupun lansia. Selain itu day pass ini tidak harus digunakan pada saat tanggal pembelian. Hari pertama akan dihitung pada saat kamu mulai menggunakan day pass ini dan berakhir pada pukul 12 malam pada hari yang sama (untuk 1 day pass, dan berakhir pada pukul 12 malam esok harinya untuk 2 day pass). Untuk informasi, transportasi di Osaka mulai dari pukul 5 pagi hingga pukul 12 malam. Jadi akan lebih baik kalau kamu menggunakannya mulai pagi. Karena perhitungan penggunaan day pass ini bukan per 24 jam, namun berakhir pada jam 12 malam sejak kartu digunakan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah perlu memperhatikan jam operasi setiap atraksi, supaya tidak keliru ketika memilih atraksi yang dikunjungi.

      Pada tahun 2017 ini ada banyak tempat atraksi baru yang tidak ada sebelumnya seperti Japan Night Walk Tour, Nakanoshima River Cruise, Umeda Joypolis Wild River, Keitakuen Garden, Important Cultural Property Osaka Castle Yagura, Osaka Aqua-Bus Temmabashi Best View Cruise, Osaka Castle Gozabune Boat, dan Legoland Discovery Center Osaka. Untuk informasi lebih lanjut mengenai day pass ini bisa klik di halaman tanya jawab di sini. Tunggu apalagi??? Osaka menunggumu untuk dijelajahi bersama dengan Osaka Amazing Pass ini! Hanya dengan 2500 Yen sehari (atau 3300 Yen untuk dua hari), kamu bisa mengeksplor Osaka sepuasnya!

 

Iklan

5 tanggapan untuk “Osaka Amazing Pass : cara hemat menjelajah Osaka

  1. hai mbak salam kenal,
    kebetulan banget nih nanti saya ada trip ke osaka hihi. tapi masih bingung2 pilih kartu transportasi. cerita diatas membantu bgt buat reverensi. Kalau di kyoto lebih prefer pake daypass apa ya mbak? KTP kah? saya 2 hari jg di kyoto

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s