Tips

Tips dan Trik Menabung Sampai 10 Juta

Seringkali saya mendapatkan kripik eh kritik pedas maupun manis dari teman-teman saya sendiri. Kritik manisnya atau saya lebih anggap pujian, ada banyak teman-teman yang mengagumi hobi saya yaitu jalan-jalan alias traveling. Sedangkan kritik pedasnya saya dianggap tidak serius, alias hura-hura dan menghamburkan uang hanya untuk sesuatu yang kurang penting.

Nah bukannya pembelaan diri ya :D. Sebagai traveler sebenarnya uang yang digunakan tidak serta merta ada begitu saja. Butuh waktu yang panjang pula untuk mengumpulkannya susah payah. Bagi saya, traveling adalah hadiah rohani untuk diri saya setelah melewati masa kerja yang stress dan melelahkan dan buat sakit pikiran… :D.

Sebenarnya, traveling bagi saya adalah menggali pengalaman untuk memperkaya diri saya sendiri dengan bertemu banyak orang. Selain itu saya bisa belajar budaya secara langsung di tempat tujuan. Hal yang mengharukan adalah melihat dengan mata kepala saya sendiri, tidak sebatas di foto yang ada di buku maupun internet! Terlebih lagi, ketika melihat bendera Indonesia atau apapun yang berbau Indonesia di negeri orang. Contohnya saja nih, melihat bendera Indonesia yang berkibar-kibar di Phnom Penh dekat dengan Sungai Mekong. Hati saya bergetar hebat, saya bangga menjadi orang Indonesia. Versi mewek lainnya, saya menangis tiada henti saat menginjakkan kaki untuk ikut misa dan berdoa di Gereja Katedral Notre Dame di Saigon, Vietnam. Baru di Vietnam loh ya, apalagi kalau sampai di Basilika St Petrus Vatikan??

Sudah jadi rahasia umum bahwa saat ini ada banyak maskapai yang menawarkan tiket promo ke berbagai destinasi yang menarik. Tidak hanya wisata domestik, tapi juga wisata luar negeri yang seringkali tiketnya lebih murah! Dan hebohnya lagi, tiket promo tidak hanya untuk kawasan Asia, namun destinasi seperti Australia bahkan Eropa pun menawarkan tiket promo! Bagi saya, tiket promo itu gampang dibeli. Meskipun agak riskan juga membeli dari jauh-jauh hari, istilahnya seperti gambling. Bisa berangkat ya syukur. Tapi saya selalu mengusahakan bisa berangkat. Oleh karena itu, pikir baik-baik sebelum membeli supaya tidak rugi. Persoalan selanjutnya, apa jadinya kalau kita bisa membeli tiket promo tapi tidak punya uang untuk membiayai jalan-jalan di hari H? Sama saja bohong kan :P!

Misalnya saja, saya membeli tiket keliling ASEAN satu tahun sebelum keberangkatan. Pikir saya waktu itu, ah masih ada waktu untuk menabung sebelum berangkat. Pada kenyataannya, mendekati hari H saya masih bingung mencari kekurangan beberapa US dolar untuk melengkapi estimasi biaya yang saya keluarkan, meskipun pada akhir trip masih bersisa :D. Namun Tuhan mendengarkan doa orang yang berusaha dengan sabar dan soleh :). Beberapa hari sebelum berangkat saya mendapatkan uang kaget dari nenek saya. Beliau takut saya kehabisan uang di jalan dan tidak bisa pulang, hahahaha.

Nah belajar dari pengalaman, berikut ini saya bagikan tips dan trik untuk menabung, terutama di tahun 2016 ini mumpung baru beberapa hari berjalan. Menabung itu bagian penting pula dari perjalanan. Tips ini tidak cuma untuk traveling saja loh. Bisa untuk apapun yang kamu inginkan di tahun mendatang. Misalnya saja gadget baru atau motor baru, yang penting bukan pacar baru yah! Kalau suami baru sih saya mau hahaha πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ .

Dari obrolan iseng bersama teman nih, tahun 2017 saatnya Goes to Europe!Β Bisa bayangkan berapa uang yang dibutuhkan untuk menginjakkan kaki di Benua Eropa kan? Meskipun bisa disiasati, tetap saja butuh uang yang tidak sedikit. Berikut perhitungan saya bagaimana cara menabung hingga mendapatkan hampir sepuluh juta dalam setahun. Kuncinya adalah disiplin! Tidak boleh diambil dan menabung sesuai dengan rencana yang sudah tertulis. Selain itu kalau tergoda untuk mengambil atau tidak menabung, selalu ingat apa tujuan dari menabung ini.

Saya berikan 2 tips dan trik menabung mudah disini dimulai dengan Rp 1.000. Kalau teman-teman ada rejeki lebih bisa menaikkan besaran tabungan. Ilustrasi di bawah ini hanya salah satu contoh, bisa kalian kembangkan sendiri.

Plan 1
Nah rencana menabung ini adalah hal yang ingin saya lakukan di tahun ini dengan sungguh-sungguh. Caranya, besaran nominal yang harus ditabung sesuai dengan jumlah minggu yang sedang berjalan. Misalnya, pada minggu pertama saya menabung sebesar Rp 1000. Bila kita lihat di kalender, minggu pertama ada tiga hari yaitu tanggal 1 sampai dengan tanggal 3. Sehingga pada minggu pertama, jumlah tabungan yang terkumpul adalah Rp 3.000. Sedangkan pada minggu kedua, kita menabung Rp 2.000 per harinya selama tujuh hari. Maka pada minggu kedua kita sudah bisa menabung sebesar Rp 14.000 ditambah dengan tabungan pada minggu pertama sebesar Rp 3.000. Total tabungan jadi Rp 17.000. Begitu seterusnya sampai dengan minggu ke 53 di akhir tahun. Hasilnya? Wow, mengejutkan! Hampir di angka 10 juta. Angka yang cukup fantastis!!!! Dengan uang sebesar ini sudah bisa beli gadget baru kan? Cukup banget malah!

plan1

Plan 2
Rencana menabung yang kedua adalah menabung sesuai dengan tanggal per bulannya. Misalnya pada tanggal 1, kita menabung sebesar Rp 1.000. Sedangkan tanggal 2, kita menabung sebesar Rp 2.000 begitu seterusnya. Apabila diteruskan sampai dengan akhir tahun, uang yang terkumpul hampir mencapai 6 juta. Tertarik?

plan2

Ada banyak cara untuk menabung, termasuk menabung ala 20 ribuan yang sedang tren di sosial media. Sekali lagi modal utama dari menabung ini cukup satu : disiplin! Kalau mau senang-senang, harus susah dulu kan? Nah cara ini bisa diterapkan di rumah lalu dimasukkan ke buku tabungan setelah terkumpul, misalnya setiap bulannya. Berikut saya berikan lampiran kalender tahun 2016 di file excel bisa diunduh disini (Savings).Β Sehingga bisa digunting dan tempelkan di tabunganmu sendiri. Oya, tidak perlu membeli tabungan mahal. Saya sendiri pakai kaleng bekas kue dan botol akua bekas loh.

Masih berat menabung dengan perhitungan di atas? Bisa pakai caramu sendiri. Misalnya per hari cukup menabung sebesar Rp 5.000 secara rutin. Itu saja cukup sekali. Coba hitung, dalam setahun 5000 x 366 hari = 1.830.000. Saran saya, kurangilah hal-hal konsumtif. Misalnya nongkrong di kafe, nonton di bioskop, belanja online, shopping di mall, atau lainnya. Sesekali boleh, tapi kalau perlu kurangi. Lalu, berani katakan tidak, tolak baik-baik pergi ke tempat nongkrong yang ujungnya adalah pemborosan. Daripada nongkrong di kafe dan membeli segelas milkshake berharga Rp 20.000 mending ditabung kan?

Seringkali saya dijadikan bahan bercandaan teman-teman apabila saya menolak untuk nongkrong atau makan bersama. Alasan saya selalu sama : tidak punya uang hahaha πŸ˜€ πŸ˜€ :D. “Nggak punya uang buat makan, kok beli tiket bisa?”. Justru karena saya miskin pada pengeluaran konsumtif, maka tabungan untuk membeli tiket bertambah, begitu pembelaan saya πŸ˜€ πŸ˜€ :D. Nggak perlu takut dikatain nggak gaul! Curhat mode on nih πŸ˜₯ :'(.

Jadi intinya, menabung itu tidak susah. Susah karena tidak biasa atau tidak disiplin. Kalau ada keinginan kuat, kenapa masih ditunda? Kalau ada keinginan, kita bisa wujudkan tanpa membebani orang tua. Kalu diingat-ingat ada lagu jaman kecil punya Giovanni : Bang bing bung yok kita nabung, tang ting tung jangan dihitung tahu-tahu kita nanti dapat untung! Masih pikir-pikir untuk menabung? Masih ragu mewujudkan keinginanmu tahun depan? Ayo, tunggu apalagi segera menabung dan wujudkan keinginanmu :D!

 

Iklan

174 tanggapan untuk “Tips dan Trik Menabung Sampai 10 Juta

    1. Cara apa saja oke asal disiplin kuncinya^^~

      Tapi kalau ngandelin uang receh aja kan ga pasti ada setiap hari, alangkah baiknya kalau ada tabungan yang konsisten. Misalnya saja saya menerapkan model menabung plan 2 plus tiap kali dapet recehan 1000 saya masukkan ke botol tersendiri. Bahkan saya juga sempat minta ke teman kalau ada recehan 1000 yang bisa saya tukar. Semoga bermanfaat^^~

      Suka

  1. saya sedang mencoba cara yang ke dua. menabung sejumlah tanggal hari itu. mudah2an bisa kuat godaan.
    terima kasih sudah berbagi trik menabung 😊

    Suka

  2. mbak mau tanya yang plan 1 kan ada week 28,29,30 dan seterusnya, kenapa week dan days hitungnya gimana? kenapa perhitungannya days dikali dengan saving? saya masih kurang ngerti, sekiranya mbak mau menjawabnya dan saya mau memakai metode menabung seperti mbak. thanks mbak.

    Suka

    1. Halo Mb Suryati terimakasih sudah mampir

      Jadi minggu pertama tahun 2016 ada 3 hari saja yaitu tanggal 1 sampai dengan tanggal 3. Di minggu pertama ini selama 3 hari berturut-turut kita menabung 1000 per hari. Dengan begitu pada minggu pertama kita sudah menabung sebesar 3000.

      Lanjut di minggu kedua dimana minggu kedua terdapat 7 hari. Yaitu tanggal 4 sampai dengan tanggal 10. Di minggu kedua ini kita menabung 2000 per harinya selama 7 hari. Maka di minggu kedua kita sudah kumpul 14.000. Total tabungan minggu 1 dan 2 bila diakumulasikan sebesar 3000+14000=17000. Begitu seterusnya sampai dengan minggu terakhir.

      Semoga penjelasannya membantu. Selamat mencoba!^^

      Suka

  3. Dr bulan lalu sudah mulai nabung dr uang ceperan.. dimasukkan ke kerdus sepatu yg dah dilakban 10x sekalian dengan amplopnya sekalian..biar tau dr mana aja hasilnya…berharapnya siih tahun depan bisa berangkat umroh.. aamiiin.
    Btw salam kenal ya mbak.. ^_^

    Suka

  4. Idenya kece, Jadi tambah semangat untuk memulainya…
    Terima Kasih ya, mbak…
    Dari dulu paling susah untuk nabung.
    Moga awalan ini bisa jadi pembuka jalan untuk Umroh Tahun depan.. Aaamiien
    πŸ™‚

    Suka

    1. Amin Mb Nurlienda, saya doakan cepat terwujud Umrohnya!!! Ini saya hanya mebantu mengilustrasikan hasil dari kekonsistenan menabung, tentunya kembali pada pribadi masing-masing ya! Silahkan dicoba Mba dan terimakasih sudah mampir!

      Disukai oleh 1 orang

    1. Halo Mb Sinta terimakasih sudah mampir ya! Nah cerita teman jadikan tamparan untuk mewujudkannya. Pasti bisa! Yuk dimulai lagi langkah kecil menabungnya^^. Saya doakan segera melihat Basilika St Petrus secepatnya dan mendapat berkat langsung dari Bapa Paus^^~

      Suka

    1. Halo Rafael terimakasih sudah mampir. Untuk plan 2M Month 12 maksudnya tanggal 1 itu kan ada 12 yaitu bulan Januari-Desember begitu seterusnya sampai tanggal 29. Sedangkan tanggal 30 tidak berjumlah 12 dalam satu tahun begitu juga tanggal 31 yang hanya berjumlah 7. Karena ini tahun kabisat maka jumlah hari ada 366. Semoga penjelasannya bisa diterima.

      Suka

    1. Disesuaikan dengan kemampuan saja Mb Afrianti^^. Yang penting menjalankan gerakan menabungnya konsisten. Itu hanya ilustrasi yang saya gambarkan, selanjutnya silahkan pilih cara apa saja. Terimakasih sudah mampir.

      Suka

    2. Kalau saya sih mbak, mungkin sistem tambal gitu kali yaa.. Kalo ada uang lebih saya tambalkan di minggu2 akhir supaya ga terasa berat πŸ˜‚
      Jujur aja kalo anak baru kerja pasti berat banget yak cuma ya gitu.. Dikit2 aja. Minggu2 awal selama saya bisa lebih2kan, saya lebihkan buat nambal2 yang berat2..
      Semangat mbak! πŸ’ͺ🏼

      Suka

      1. Kalau mau menjalankan plan 1 yang dirasa berat apalagi pas minggu ke 40-50an bisa pakai sistem tukar…Jadi setelah nabung 1000an nabung yang 53000an jadi seimbang terus. Semangat ya menabungnya saya hanya bantu ilustrasikan bahwa hasil dari menabung itu nggak main-main kalau konsisten. Perkara mau pakai metode apa saja bisa disiasati dan tergantung dengan kemampuan pribadi masing-masing^^

        Suka

  5. Kalo ane lgsung bulanan aja sist. Ambil aja tabungan rencana , autodebet lgsg masuk tabungan (atur 6 bulan atau setahun kontrak). 1/4 gaji udah masuk buat tabungan jadi mikir2 kalau konsumtif kelewatan tengah bulan bisa2 duit udh duluan habis sblm gajian brikutnya.

    Suka

    1. Halo Mas Ismail, terimakasih sudah mampir. Ini ide yang bagus juga, nggak perlu repot setor malah ya haha. Saya rasa semua orang punya tabungan d bank, ini jadi masukan bagus apalagi untuk mereka yang boros. Mau nggak mau jadi hemat karena gajinya terpotong.

      Suka

  6. Saya sudah mulai nyoba nih. Walopun saya juga ragu nanti kalo nominal mulai 30.000/hari gitu gimana πŸ˜‚
    Niat aja dulu ama usaha. Lumayan lah taun depan bisa piknik lebih mandiri.
    Cuma kalo ortu maksa mau bayarin kita mah bisa apa gitu ya πŸ˜‚πŸ™ˆ

    Suka

    1. Halo terimakasih sudah mampir^^. Apapun tujuan dari menabungnya saya doakan semoga tercapai apalagi beli rumah ya, kebutuhan utama banget untuk masa depan. Ada banyak sistem menabung yang lagi booming, apapun itu harus tetap konsisten ya!

      Suka

      1. Kalau saya setelah 1 bulan saya masukkan ke kaleng yang lebih besar yang lebih rapet dan tertutup plus lebih gede. Jadi yang ada di meja hanya kaleng kecil per bulannya. Atau kalau terlalu susah per hari bisa saja menabung total sebulan. Misalnya Bulan Januari besaran yang harus ditabung dengan plan 1 adalah 101.000, maka langsung masukkan ke bank sejumlah itu.

        Disukai oleh 1 orang

  7. Makasih mbak idenya, aku juga udah punya impian jelajah soloist Indonesia timur tahun 2017, hanya saja masih bingung mengatur budgetnya agar bisa cukup dan lebihan tentunya.
    Inspiratif banget deh idenya dan ijin Copas yach, moga terwujud mimpi ini berdiri di 17 puncak berkat disiplin MENABUNG
    Thanks ya….

    Suka

    1. Terimaksih Mas Tio sudah mampir. Wah Indonesia Timur emang indah banget nggak ada yang ngalahin. Menurut saya sekelas Bali saja belum ada yang bisa ngalahin di negara ASEAN. Semangat menerapkan kebiasaan menabung sampai tahun 2016 berakhir ya !

      Suka

  8. Bener bgt sis πŸ˜„πŸ˜„ kalau dari saya cara nabungnya adalah mematok uang jajan saya sehari sebesar 10k (diluar bensin tentunya) kalau saya kukuh uang 10k bisa saya tabung sehari, jika memang ada pengeluaran dan sisanya ditabung. Nah sisa dari gaji yg sisa diakhir bulan masuk tabungan semua 😁😁 disiplin memang yg terpenting!

    Suka

  9. Sy jg sama senang jln2 ngilangin stres tp cara nabung sy berbeda hehehhee… tabungan jln2 sy ad 2 biji (pk kaleng susu bekas ponakan ahahaha..) kl sy nyebutny kaleng wajib sm kaleng semau gw..

    Tabungan wajib/kaleng yg pertama, tabungan yg wajib tiap hari diisi 25rb (bayangin aj kl ud 1th 25rbΓ—365= 9.125rb!!). Naah utk tabungan semau gw/kaleng yg kedua, ini bs dkategorikan tabungan iseng2 berhadiah. Tabungan ini nabungny ga pk nominal ky tabungan wajib, yaa namany jg semau gw, jd nabungny itu seadany sisa uang aj brp naah itu yg ditabung n ga hrs tiap hr diisi kl tabungan yg ini. Ilustrasiny deh ya, anggep aj dlm 1hr sy pny uang 20rb. Dipake deh buat jajan ato ga transport eeh ps nympe rmh cm sisa 4rb. Yaa 4rb nya itu sy tabungin. Ato prnh tuh smpe rmh cm sisa 200 perak yaa dtabungin jg hehehe.. Krn nominal nabungny ga tentu n ga diitungin jg, tau2 ps mw dibuka tabungan dlm 1th nah loh jd banyak jg hehehe mayan kn nambah2 uang saku ps jln2 ntr..

    Suka

    1. Halo terimakasih sudah mampir. Bagus juga idenya bisa dishare untuk yang lain juga. Tabungan wajib dan tabngan semau gue hehee. Apapun sistemnya kalau ditekuni pasti hasilnya mengejutkan. Contohnya sistem 25rb/hari bisa sampai 9 jutaan dalam 1 tahun. Semangat dan terus konsisten sampai akhir tahun ya untuk saku jalan-jalan selanjutnya!

      Suka

  10. sudah aku praktekkan plan 1 mbak odilia, mudah2an tetap konsisten sampai akhir, hehe,
    kalender dan plannya aku tempel di tembok kantor supaya selalu ingat,. trm ksh banyak ya..

    Suka

    1. Halo Mb Aulia selamat mencoba ya! Kalau merasa bahwa minggu 53 berat bisa dipakai metode silang setelah minggu 1 lanjut ke minggu 53 lalu kembali ke minggu 2. Terapkan sistem yang tidak memberatkan sehingga tidak putus di tengah jalan^^ Semangat

      Suka

  11. Sama banget nih mbak aku pun bgitu tiap diajak gaul seringnya nolak karena ga punya uang yg mana uangnya aku tabung buat jalanjalan. Walopun sering diketawain temen garagara rela hidup seadanya demi nabung buat jalanjalan πŸ˜‚πŸ˜‚

    Suka

    1. Halo Ajeng teriakasih sudah mampir πŸ˜€ . Banyakan sih nggak saya masukin hati kalau dikatain begitu. Aslinya mungkin mereka iri dan kurang piknik. Nongkrong sih gapapa ya, sekali-kali dan secukupnya. Kan hiburan juga soalnya :D. Serius deh jalan-jalan itu obat stress yang paling manjur dibandingkan dengan yang lain πŸ˜€

      Suka

  12. Sy pengen bgt bs telaten disiplin…sbenernya ga boleh ada kata tapi…tapiiiii….aow…kl lg pas ga ada duit didompet n malas ke atm pastilah ku ambil tu tabungan..hiks.
    Soalnya sy mmbiasakn diri buat ga trlalu byk bwa uang tunai,jd makin boros..tp borosnya makan siang pasti makan diluar sma suami,krna kita sma2’ngantor dan rmh jauh dr kantor,min.80-100rb skali mkan..
    smoga sy brhasil ya nabung ya…Amin.

    Suka

    1. Halo Mb Lita terimaksih sudah mampir :D. Nah itu, kalau dipikir pengeluaran sebesar 80-100rb per hari lumayan besar kan. Coba dikalikan dengan 20 hari kita ngantor, 2 juta loh :P. Kalau bisa berhemat makan yang agak “low rate” dan bagus lagi kalau bawa bekal, tapi nggak se ekstrim itu kali ya. Ini bukan cerita drama korean pakai bekal hehehehe. Semangat ya Mb Lita semua dimulai dari hal kecil dengan disiplin :D. Nanti akan dapat dinikmati hasilnya πŸ˜€ Semangat ya!

      Suka

    1. Halo dida….untuk plan 2 itu sangat gampang sekali. Intiya kamu menabung mengikuti tanggal. Tanggal 1 berarti menabung 1000 tanggal 2 berarti menabung sebesar 2000 dan seterusnya. Sedangkan di kolom month itu, tanggal 1 dalam 1 tahun ada 12 kan? Begitu juga untuk tanggal yang lain sampai dengan tanggal 29 berjumlah 12 dlam 1 tahun. Karena tidak semua bulan mempunyai tanggal 30 dan 31. Semoga bisa membantu πŸ˜€

      Suka

  13. Nice info mbak, udah pernah praktekin nabung yang nominal sesuai hari, tapi pas udah mau tanggal akhir (25 ke atas) jadi berat banget, hehe, tapi ngefek banget emang. Mau coba yang pake plan 1 itu ahh. πŸ™‚ btw salam kenal ya

    Suka

  14. Enak yang bisa nabung ,, saya kok ga bisa nabung ya,, sampe skarang punya duit slalu abis,, nabung d rumah nabung d bank sama aja,ga ke kumpul duitnya ehehe

    Suka

  15. Wah, caranya hebat juga. Sebenarnya menabung itu mudah jika kita tahu cara-cara menabung yang baik πŸ˜€
    Oh iya, saya juga punya artikel tentang menabung, disana juga ada cara menabung yang mudah, mungkin dengan digabungkan metode menabung di sini bisa membuat lebih optimal menabungnya. Jika berkenan mungkin bisa ditambahkan Backlink, tidak juga tidak apa-apa πŸ˜€ terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat πŸ˜€

    http://carabumi.blogspot.co.id/2016/02/tips-cara-menabung-yang-baik-dan-benar.html

    Suka

  16. Boleh di coba nih, syukur2 nominalnya ditambah
    Wah, traveling ke luar negeri sih lebih gaul drpada nongkrong di cafe ngehabisin milkshake walau tiap hari 😁😁😁
    Thanks buat sharingnya ya mbak, sukses selalu..

    Suka

  17. Terima kasih atas perkongsian to blog owner. Saya adalah Unit Trust Consultant (UTC) – agen unit trust investment untuk Public Mutual & lokasi utama dalam tugas adalah kawasan Johor Bahru, Kuala Lumpur, Selangor & Penang.
    .
    Minimum permulaan RM1000 sahaja. Boleh melabur dari akaun KWSP (berdasarkan kelayakan). Cash investment pun boleh & ada pilihan untuk ambil pelan tambahan bulanan serendah RM100 per month sahaja. Dana Islamic 100% juga ada (Approved Syariah Compliance Funds). Pelaburan untuk jangka masa panjang sahaja above 5 years. Keuntungan sekitar min 9%-15% per year.
    .
    Bagi sesiapa yang berminat melabur dalam Unit Trust, boleh lah juga hubungi saya melalui mobile atau email. Jika hanya ingin mengemukakan soalan, anda juga dialu-alukan. Terima kasih.
    .
    Jas
    Unit Trust Consultant / Perunding Unit Amanah
    Co: Public Mutual Berhad (wholly-owned subsidiary of Public Bank Berhad)
    T: +6017-7055 381
    E: jas.elegant@gmail.com
    W: http://www.facebook.com/investment.unittrust
    .
    ” Why not try, let’s say 10 years investment period & gain minimum 9% profit per year? Reports on fund past performance available just to show the ability of the fund. Feel free to request for one ! “

    Suka

    1. Setuju, menabung memang sangat penting biar ga boros. Uang hasil taungan nanti kan lumayan bisa dibuat sesuatu yang sangat berarti ketimbang diborosin buat sesuatu yang bersifat hedon. Selamat menabung πŸ˜€

      Suka

      1. Tips wisata hematnya asal mau aja travel dengan konsep backpacker, namun juga memburu pengalaman. Nggak cuma karena pengen hemat aja tapi nggak dapet ilmu apapun. Menabung buat jalan-jalan memang nggak mudah. Di balik foto-foto senyum dengan background mancanegara itu ada proses menabung yang disiplin. Apalagi buat yang punya penghasilan pas-pasan.

        Suka

  18. Wah postingan ini bener-bener memotivasi! Aku jg baru mulai menabung buat beli gadget baru. Ini bukan cuma motivasi tp ada solusinya. Cocok banget buat aku yg anak kuliahan tp blm kerja. Daripada minta sm ortu kan kasian. Thanks bgt ya tipsnya T.O.P deh!

    Suka

  19. hei, thanx lot atas tips dan triknya, aku udah download nih form savingnya, rencana liburan ke Bali seminggu penuh atau ke tempat2 wisata di Singapore, moga2 bisa tahun depan (aamiin) sama2 menyemangati ya …

    Suka

  20. Keren artikelnya
    Numpang ngasih info min, ni ada tempat untuk menabung yang paling aman dari anak perusahaan BUMN dan diawasi OJK, modalnya tidak dikeluarin tapi ditabungin dan ada proteksi jiwa..
    Kita juga berpotensi mndapat gaji tiap bulan dengan hanya membantu orang lain menemukan tempat menabung yang paling baik dan aman.
    Menabung itu biasa tapi menabung di gaji itu baru luar biasa !!!

    Suka

  21. Keren artikelnya
    Numpang ngasih info min, ni ada tempat untuk menabung yang paling aman dari anak perusahaan BUMN dan diawasi OJK, modalnya tidak dikeluarin tapi ditabungin dan ada proteksi jiwa..
    Kita juga berpotensi mndapat gaji tiap bulan dengan hanya membantu orang lain menemukan tempat menabung yang paling baik dan aman.
    Menabung itu biasa tapi menabung di gaji itu baru luar biasa !!!http://www.bit.do/menabungbijak

    Suka

  22. Thank you banget ni kak udah kasih infonya & i think disiplin itu juga penting sih dalam hal ini.
    Nanya dong kak, Aku kan masih kelas 3 SMA target ya 1 tahun gitu untuk ngumpulin uang buat traveling, problemnya, kakak tau kan uang jajan anak sekolah berapa? paling banyak itu pun Rp. 20.000. So, menurut kaka gimana cara ngatasinnya?

    Suka

    1. Halo Rafiella. terimakasih sudah berkunjung ke blog :D. Kalau menurut saya sih pertama karena uang jajan yang ngepres baiknya menabunglah sesuai kemauan dan kemampuan, jangan dipaksa. Kalau saya sih ya set target dulu misalnya dalam 1 tahun mau terkummpul misalnya 5 juta. Nah 5 juta itu kamu bagi deh 365 jatuhnya per hari kamu harus menabung sejumlah itu. Selamat mencoba ! πŸ˜€

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s